Minggu, 24 Februari 2013

KELURAHAN JAMSAREN KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI

(tugas mapel PKn kelas X)


                 Kota Kediri terbagi atas tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Mojoroto, Kecamatan Kota, dan yang ketiga adalah Kecamatan Pesantren. Kelurahan Jamsaren merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Kelurahan Jamsaren mempunyai Kantor Kelurahan yaitu terletak di Jalan Halim Perdana Kusuma 9 Kediri. Kelurahan ini buka mulai jam 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Kelurahan yang kini dikepalai oleh Bapak Agus Prajitno yang berdomisili di kelurahan tetangga yaitu Singonegaran mempunyai sembilan RW dan mempunyai empat puluh RT. Masing masing RW kira-kira memiliki lima RT.
         Pada Kantor Kelurahan Jamsaren yang terkenal di lore pasar paing ini mempunyai beberapa ruangan. Ketika masuk, yang pertama kita temui adalah sebuah ruangan atau aula yang lumayan besar. Di tempat itu biasanya digunakan untuk acara resepsi pesta pernikahan, ada juga untuk olah raga yaitu badminton dan juga dipakai untuk tempat latihan Tae Kwondo pada setiap hari Rabu sore.
               Jika kita menengok ke sebelah kiri maka akan didapatkan sebuah ruangan juga. Nah, itu pusat tempat para pegawai kelurahan bekerja. Di depan terdapat kursi panjang yang digunakan untuk menunggu. Di dalam ruang tersebut terdapat deretan meja-meja berlapiskan kaca dan hampir setiap meja terdapat satu foto. Mungkin foto itu adalah pemilik meja tersebut.
         Di sudut Kantor Kelurahan jamsaren ini kita dapat berjumpa taman kecil untuk penyejuk pemandangan. Di sudut lainnya terdapat juga surau. Tak ketinggalan, di Kantor Kelurahan tersebut juga terdapat warung yang siap sedia  melayani permintaan manusia untuk memenuhi salah satu kebutuhan primer manusia yaitu pangan.

POTENSI KELURAHAN JAMSAREN KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI

Di Kelurahan Jamsaren terdapat banyak potensi yang berkembang.Namun, ada beberapa potensi yang perlu dikembangkam lagi. Potensi-potensi yang ada di Kelurahan Jamsaren sebagai berikut :
1.      Sektor Perdagangan dan Bisnis
      Mayoritas Di Kelurahan Jamsaren banyak yang memilih dunia bisnis. Di sekitar daerah saya banyak di jumpai toko-toko mulai dari kelas bawah seperti warung sampai dengan kelas atas misalnya toko emas. Seperti pada Jalan H.O.S Cokroaminoto yang banyak sekali terdapat toko-toko yang berderetan memenuhi sepanjang jalan tersebut. Di jalan ini terdapat banyak toko emas, ada juga Dealer Motor, ada lagi toko buku dan masih banyak lagi.

      Jalan ini jika terus dikembangkan lagi akan mampu  mengalahkan Malioboronya Kota Kediri yaitu Jalan Dhoho. Karena di jalan HOS Cokroaminoto tersebut banyak sekali toko-toko pakaian dan kebutuhan tersier manusia lainnya. Maka jika dapat dikelola lebih baik lagi Jalan HOS Cokroaminoto dapat menggeser Pusat Pariwisata Belanja Kediri yaitu Jalan Dhoho.Ada juga di Kelurahan Jamsaren pada Jalan Joyoboyo pun terdapat toko-toko dan koperasi-koperasi yang berkembang.


2. .      Sektor Pariwisata
Pemanfaatan sektor pariwisata mungkin harus lebih ditingkatkan lagi. Misalnya Makam KH. Zama’ Sari, yang berada di depan SMPN 3 Kediri. Karena makam ini sudah biasa untuk di ziarahi. Maka pesarean ini seharusnya lebih dkelola dengan baik lagi seperti keperawatan makam tersebut. Karena potensi tempat ini dapat untuk pariwisata religi.


Gerbang Belakang Ponpes Assa'idiyah

            Selain itu adalah Pondok Pesantren Assaidiyyah. Yang mana Pondok besutan K.H Anwar Iskandar ini dapat dijadikan rekreasi religi dan salah satu media untuk ngangsu krawuh. Apalagi Gus War telah menjadi sdalah satu tokoh agama yang terkemuka, maka akan banyak sekali orang-orang yang tertarik pada ilmu agama untuk mendatangi Pondok Pesantren yang juga berbisnis di Jalan HOS Cokroaminoto yaitu sebuah toko buku besar yaitu   toko Wisnu


3.      Sektor Pertanian
Sektor ini menjadi minoritas bagi  Kelurahan Jamsaren. Karena yang memiliki sawah hanya Jamsaren bagian Lingkungan Kleco. Itupun sedikit. Maka sektor ini agaknya tidakterlalu berpotensi bagi Kelurahan Jamsaren



Tidak ada komentar:

Posting Komentar