Minggu, 24 Februari 2013

Lirik Sholawat Irfan


صَلََوَاتُ العِرفان
Menempuh Jalan Kema’rifatan

عَلىَ مَن خُلقه القرءان
صَلاَةُ اللهِ وَ السّلاَمُ
Atas seorang yang berbudi Al-Qur’an
Penghormatan dan salam Alloh senantiasa tercurahkan
بِقََصدِ رحمةِ العلم
محمّد مبلغ البيان
Dengan maksud sebagai rahmat bagi seluruh alam
Yaitu Muhammad sang penyampai penjelasan
و صحبه نعم الكرم
و أله ذوى الحكم
Dan para sahabatnya yang terbaik
Beserta keluarga pemilik kebajikan
نور الصّلاة و السّلام
من سلك نحو العرفان
Sebagai cahaya penghormatan dan keselamatan
Yaitu orang-orang yang menempuh jalan kema’rifatan
فنجّنا كلّ الاتام
الهى يا منتقماً
Selamatkan kami dari segala dosa
Wahai Tuhan Sang Penolak kerusakan
لنيل أفضل النّعم
لله كن لنا عوناً
Untuk mendapatkan kenikmatan yang paling utama
Wahai Tuhan kiranya Engkau sudi melimpahkan pertolongan kepada kami
واختم باحسن الختام
الهى سلّم الاًمم
Dan limpahkanlah akhir yang baik
Wahai Tuhan selamatkan bangsa kami


فأدخلنا دار السّلام
يا ربّنا و يا رحمن
Masukkan kami ke surga (kampung perdamaian)
Wahai Tuhan kami yang Maha Pengasih




Sekilas Sholawat Irfan

Sholawat ini kali pertama saya mengenal dari Guru Aqidah Akhlaq kelas XI. Setiap pertemuan pelajaran aqidah akhlak ini selalu diawali dengan senandung asmaul husna dan sholawat irfan.
Setelah saya telusuri lebih dalam, sholawat ini dibawa oleh mahasiswa UIN Malang yang sedang PPL di madrasah saya (tahun 2012).Semakin kedalam saya ingin tahu sejarah Sholawat Irfan dan saya temukan dari blog Mahasiswa UIN Malang "KAHMI UIN"(http://kahmiuin.blogspot.com/2008/12/download-sholawat-irfan.html) bahwasanya Sholawat Irfan merupakan hasil karya dari Prof. Mudhor ini telah menjadi semacam Mars-nya Kampus. Apa lagi saat prosesi wisuda 

dilaksanakan, moment inilah Sholawat Irfan bisa menggores ingatan sampai kapanpun dan dimanapun untuk 

mengingatkan segala sesuatu tentang uin malang. 

16 komentar:

  1. فأستاذك هو الأستاذ زينري, فأنا أعرفه أيضا, لأنه أستاذي أيضا

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kata Pak Prayuga selaku rektor uin pada saat memperingati 100 hari meninggalnya KH.Rofi' Mahmud selaku pengasuh PP.Al-Fadholi Malang. Menyatakan bahwasanya shalawat tersebut merupakan karangan dari KH.Rofi' Mahmud yang dikenang-kenangkan untuk uin namun belum di beri nama lalu Prof.Mudhor memberi nama shalawat tersebut "Shalawat Irfan". Jadi Sholawat tersebut bukan ciptaan Prof Mudhor, melainkan Prof. Mudhor Hanyalah yang memberi nama karena beliau yang Merupakan guru besar di UIN Malang pada saat sholawat tersebut dikenang-kenagkan oleh K.H Rofi' Mahmud salah satu putra K.H. Mahmud Dahlan dari Rembang yang kemudian atas ridho Allah beliau menjadi pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi Malang. Nama Pondok pesantren ini diambil dari nama guru besar beliau yang memangku Pondok Pesantren Darul Ulum Senori Tuban yaitu Syech Abul Fadhol.
    Pondok Pesantren Darul Ulum Al-Fadholi sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berbasis pesantren yang memili dua fungsi, yakni fungsi Taffaquhfiddin (pengajaran, pemahaman, dann pendalaman ajaran islam) dan fungsi yang kedua adalah Indzar (menyampaikan dan mendakwah ajaran islam kepada masyarakat).
    Insyaallah begitu kisah yang sebenarnya dari sejarah Sholawat irfan.Mungkin bagi orang-orang dalam yang lebih tahu kisah yang sebenarnya dari sholawat irfan, mohon koreksi dan klarifikasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas infonya, saya juga tidak begitu paham dengan sejarah yang benar. sebelumnya saya juga sudah menulis bahwa info tersebut saya ambil dari blog mahasiswa uin malang (http://kahmiuin.blogspot.com/2008/12/download-sholawat-irfan.html). saya mohon maaf.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Pak imam itu masih murid nya prof mudlor. Dan pak imam sering kali minta nasehat. Kalau pencipta sholawat irfan memang betul2 penciptanya prof Mudlor (monggo tabayun kekeluarga dalem). Kalau pak imam tidak mengakui itu wajar krn itu sosok beliau sendiri . Ironisnya sudah hampir 12 tahun tidak pernah ada perbedaan semua guru besar dan dosen uin tahu betul penciptanya prof kyai muhdlor tp hanya berbekal satu sumber tampa tabayun dengan yg lain sudah mengklaim penciptanya. Alfateha prof mudlor

      Hapus
  4. Imam prayogo puxa tangungan yg besar dlm meluruskn hal ini biar tdk terjadi pelacuran dlm sejarah

    BalasHapus
  5. Imam prayogo puxa tangungan yg besar dlm meluruskn hal ini biar tdk terjadi pelacuran dlm sejarah

    BalasHapus
  6. Saya sedang dalam penelurusan terkait ini dan sejauh yang saya dapat dr sumber yg terpercaya. Memang gus rofiq pernah menghadiahkan sholawat untuk uin. Namun dikarenakan isinya tdk sesuai dengan kalangan akademisi maka prof mudlor membuat lagi yang baru dengan konten yg sesuai dengan kalangan akademisi serta sesuai dengan kaidah ilmu balaghoh dan ilmu ar-rud. Mengingat beliau adalah yang ahli dalam disiplin ilmu tersebut. Sehingga lahirlah sholawat baru yang memang asli dr abah mudlor kemudian oleh beliau sholawat tersebut dinamai dengan sholawat irfan. Jadi sholawat ini murni dari beliau Prof. Mudlor.

    BalasHapus
  7. Saya berkomentar atas dasar wawancara dengan Bapak Muhtadi Ridwan dosen ekonomi selaku saksi sejarah sholawat tersebut. Namun saya belum sampai pada tahap wawancara dengan Prof. Imam Suprayogo dikarenakan beberapa hal. Terimaksih. Saya harapkan sejarah benar adanya dan tidak dimanipulasi. Abah memang tipical orang yang tidak membutuhkan pengakuan dalam berjuang. Namun bila menyangkut sejarah dan kebenaran, saya sebagai santri berusaha mencari kebenarannya.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Pak imam itu masih murid nya prof mudlor. Dan pak imam sering kali minta nasehat. Kalau pencipta sholawat irfan memang betul2 penciptanya prof Mudlor (monggo tabayun kekeluarga dalem). Kalau pak imam tidak mengakui itu wajar krn itu sosok beliau sendiri . Ironisnya hanya berbekal satu sumber tampa tabayun dengan yg lain . Alfateha prof mudlor

    BalasHapus
  10. http://majalahlangitan.com/perjuangan-kiai-kampus-mengenang-kh-prof-dr-ahmad-muchdlor/

    BalasHapus