Sabtu, 23 Februari 2013

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan



Manfaat Pisang Bagi Kesehatan
Manfaat Pisang Bagi Kesehatan
Manfaat Pisang. Pisang adalah tumbuhan yang mudah diperoleh dan memiliki beragam manfaat. Buah pisang bisa menjadi makanan segar dan enak, apalagi bila diolah menjadi  hidangan lezat. Buah Pisang mengandung tiga jenis gula alami – Sukrosa, Fruktosa dan Glukosa yang dikombinasikan dengan FIBER, kombinasi kandungan pisang ini memberikan tambahan energi yang cukup banyak.
Hanya dengan memakan dua buah pisang bisa memberikan energi yang cukup untuk kuat selama 90 menit. Tak hanya itu, manfaat pisang juga dapat menjaga tubuh selalu fit dan membantu mencegah beberapa penyakit;
Urat Syaraf. Buah pisang memiliki vitamin B dengan kadar tinggi yang membantu menenangkan sistem urat syaraf.
DepresiBuah pisang mengandung Tryptphan, sejenis protein yg diatur tubuh menjadi Serotonin, yang dapat membawa efek relax dan menjadikan suasana menjadi lebih baik.
PMS. Pre Menstruasi Sindrom adalah sindrom yang terjadi pada banyak wanita mulai 2 s/d 14 hari sebelum menstruasi.Vitamin B6 yang terkandung dalam buah pisang mampu mengontrol tingkat gloksa darah sehinga dapat mempengaruhi kondisi tubuh menjadi lebih baik.
Anemia atau kekurangan darah. Buah pisang mengandung zat besi yang tinggi, zat ini dapat merangsang produksi hemoglobin (sel darah merah) dan membantu kasus penyakit anemia.
Tekanan Darah. Buah unik tropis ini mengandung zat potassium yg cukup tinggi dan rendah garam, membuat tekanan darah menjadi lebih baik. Buah pisang juga dapat mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan penyakit stroke.
Stroke. Penyakit ini adalah keadaan ketika satu atau beberapa anggota tubuh kehilangan fungsi saat aliran oksigen dalam darah menuju otak terganggu. Menurut penelitian “Jurnal Medis di New England”, mengkonsumsi buah pisang sebagai bagian dari program diet dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sebanyak 40%.
Sembelit. Zat fiber dengan kadar tinggi dapat membantu program diet untuk mengempiskan bagian perut.
Pencernaan. Buah Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga bagus dikonsumsi sebagai makanan diet dan mencegah gangguan pencernaan. Buah pisang juga menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi bagian dalam perut kita.
Rasa Sakit. Salah satu cara mudah dan cepat mengobati rasa sakit adalah dengan membuat campuran buah pisang dengan milkshake dengan madu sebagai tambahan. Buah pisang meredakan perut dan dengan bantuan madu dapat meredakan kadar gula, sedangkan susu selain menyegarkan juga membantu proses re-hidrasi sistem tubuh.
Sakit Jantung. Buah Pisang memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh. Jika menderita karena ada bagian yg sakit pada jantung, cobalah makan pisang untuk meringankan rasa sakit tersebut.
Pegal di Pagi Hari. Makan buah pisang setelah sarapan membantu kadar gula anda untuk mengurangi rasa sakit/pegal sewaktu bangun pagi
Gigitan Nyamuk. Bagian dalam kulit pisang dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi pada bagian kulit yang terkena gigitan nyamuk dan serangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar